Contoh RPP Aquatik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
GAYA DADA
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Dedaktik dan Metodik Aquatik yang di Bimbing oleh Sriningsih, M,Pd


Oleh :
Mahpud Yusuf
Ridho fahrizal
Habib

SEKOLAH TINGGI ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PASUNDAN CIMAHI
2015




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan    : STKIP PASUNDAN CIMAHI
Kelas/Semester          :2 B Semester III
Tema/Topik               :Gerakan kaki Gaya Dada
Waktu                        :1 X 30 Menit

A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di anut
2. Menghargai dan menghayati prilaku jujur, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dangan lingkungan  sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (Factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomenal dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (Mengunakan, mengurai, marangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, mengambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di peajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam susut pandang / teori.


A. Kopentensi Dasar :
1.Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktifitas jasmani,  permainan, dan olahraga.
2. Berprilaku soprtif dalam bermain.
3. Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.
4. Memahami pengetahuan modifikasi keterampilan renang gaya dada.
5.Mempraktikan modofikasi teknik keterampilan renang gaya dada dengan menekankan gerak dasar fundamental.


C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan do’a sebelum memulai pembelajaran.
2. Menunjukan sikap soprtif dalam bermain.
3. Menunjukan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4. Melakukan modifikasi teknik dasar pernafasan renang gaya dada dengan koordinasi yang baik
5. Siswa mampu beradaptasi dengan kondisi kolam renang (Didalam air maupun di sekitar kolam)


D. Tujuan Pembelajaran
1. Melafalkan dao menurut agama masing masing.
2. menunjukan sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
4. Peserta didik dapat beradaptasi dengan situasi kolam renang (di dalam air maupun di area sekitar kolam).
5. Melakukan latihan teknik dasar renang gaya dada, gerakan kaki gaya dada.
6. Melakukan permainan kekompakan dan kordinasi.
7. Menjelaskan teknik renang gaya dada.
8. Menjelaskan seluruh teknik gaya dada.

E. Materi Pembelajaran
   Keseluruhan Teknik Renang Gaya Dada
            Gaya dada sring disebut gaya katak, karna gerakannya mirip dengan katak berenang. Gaya dada sebetulnya gaya yang paling banyak di pilih dan banyak dilakukan oleh masyarakat untuk sekedar rekreasi atau untuk menjaga kesehatan. Karna gaya dada merupakan sebuah renang yang hemat energy, bisa dilakukan dengan santai meskipun untuk jarak yang cukup jauh.


1. Posisi Tubuh
            Posisi tubuh harus streamline selama melakukan dorongan, saat kedua lengan lurus berada di depan pinggul dan kaki sejajar dengan badan sedikit dibawah permukaan air. Kedua kaki harus rapat pada saat posisi menjulur, jari-jari kaki dl luruskan sebagian besar dari kepala berada di bawah permukaan air.

2. Gerakan Kaki
            Gerakan kaki gaya dada dimulai dari menarik kedua tungkai bawah mendekati pinggul kemudian memutar kedua telapak kaki ke luar hingga membentuk sudut 50 Derajat sehingga kedua telapak kaki menghadap ke belakang untuk siap melakukan dorongan kel luar dan secara serentak menutup rapat sehingga kedua kaki bertemu bersikap lurus di belakang.

3. Gerakan lengan
            Gerakan menarik lengan gaya dada, merupakan tarikan atau kayuhan yang terpendek dibandingkan dengan ketiga gaya yang lainnya. Kayuhanya kurang efektif karna bertentangan dengan prinsip gerak menarik lengan yang harus selalu dilakukan secara penuh. Namun demikian lengan ini sangat penting terutama apabila dikombinasikan dengan gerakan kaki untuk membuat luncuran.
a. Fase istirahat
            Fase ini ketika kedua tangan berada lurus di depan. Pada fase ini keadaan tangan lurus. Dilunjurkan kedepan dengan telungkup. Kedua bahu merapat ke telinga telapak tangan menghadap kesamping.
b. Fase membuka
            Kedua tangan membuka ke luar kira-kira sedikit lebih lebar dari bahu.
c. Fase Menangkap
            Fase ini dilakukan setelah fase membuka berakhir, kemudian memutar pergelangan tangan dengan posisi sikut tinggi.
d. Fase Mendorong
            Kedua telapak tangan saling berhadapan serentak menutup telapak tangan hingga bertemu kedua sikut dan tangan juga bertemu membentuk garis lurus di bawah dagu.


4. Nafas
            Gerakan mengambil nafas pada gaya dada dilakukan dengan menangkat mulut ke atas permukaan air dan dada sedikit diangkat. Pada saat mulut keluar permukaan air segera mengambil nafas dari mulut. Kemudian kepala masuk lagi ke dalam air lalu membuang nafas boleh dari mulut atau hidung. Pada saat mengambil nafas dilakukan dengan rileks tidak tergesa-gesa. Demikin pula saat mengeluarkan nafas di dalam air diatur tidak terputus. Pada gaya dada cara mengambil nafas adalah satu kali dalam setiap dorongan.

5. Koordinasi kaki, tangan, dannafas gaya dada
            Dalam koordinasi kaki dan lengan terdapat tiga macam timing pada saat ini digunakan yaitu : bersinambung, meluncur, dan saling menutup. Timing koordinasi kaki dan lengan secara continue, setelah kaki selesai melakukan tendangan kedua kaki sudah menutup rapat, gerakan membuka tangan dimulai. Timing meluncur dilakukan ketika kaki sudah selesai melakukan tendangan dan kedua kaki telah merapat, ada beberapa saat untuk meluncur, baru kemudian melakukan gerakan tangan untuk membuka. Timing overlapping, dilakukan ketika kaki setelah menendang keluar mau menutup gerakan tangan mulai membuka.

F. Kegiatan Pembelajaran
1. Metode saintifik (scientific)
2. Metode eksperimen



G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·         Berbaris atau duduk, berdo’a, dan apreasi
·         Tanyakan kondisi kesehatan peserta didik atau tes kekompakan peserta didik untuk persiapan pembelajaran (tes konsentrasi)
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti
·         Pemanasan jogging mengelilingi kolam
·         Peserta didik masuk kolam dan berbaris rapih di sesuaikan
·         Permainan kekompakan atau konsentrasi, semua peserta didik harus mengikuti apa yang dikatakan oleh guru, jika ada yang tidak konsentrasi terkena hukuman disiram oleh
·         Guru kembali menjelaskan lagi apa yang akan dipelajari
·         Peserta didik mengunakan pelampung atau di bantu teman teman nya untuk melakukan gerakan kaki gaya dada
·         Peserta didik berbaris disesuaikan dengan kondisi dilapangan dan melakukan gerakan kaki gaya dada di tempat  mengunakan pelampung atau dibantu oleh teman pasangan nya.
·         Setelah itu peserta didik melakukan nya sambil berjalan di tarik oleh teman nya atau mengunakan pelampung
·         Guru mengamati ssetiap gerakan peserta didik
·         Guru mengawasi dan memperbaiki kesalahan gerakan yang dilakukan oleh peserta didik







10 menit
Penutup
·         Semua peserta didik di kumpulkan
·         Guru membahas apa yang telah dilakukan oleh peserta didik
·         Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         berdoa


5 menit

H. Sumber belajar
1. Kolam renang




I. Alat pembelajaran
1. Peluit
2. Kamera
3. Pelampung

J. Pengamatan Sikap
            Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat peserta didik melakukan aktifitas di kolam. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu :
1. Menunjukan prilaku sportifitas
2. Tanggung jawab
3.Menghargai teman
4. Disiplin



K. Penilaian sikap
a. Penunjuk penilaian
            Penilaian aspek prilaku (sikap) dilakukan dengan pengamatan selama mengikut kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan renang gaya dada. Aspek aspek yang dinilai meliputi :
1. Kerjasama
2. Tanggung jawab
3. Menghargai teman
4. Menerima kekalahan dan kemenangan


b. Rubik penilaian perilaku
Perilaku yang diamati
Cek (V)
Perolehan nilai
Nilai akhir
Keterangan
Baik
Sedang
Kurang
1. kerja sama






2. tanggung jawab






3. Menghargai teman






4. Menerima kekalahan dan kemenangan






Jumlah skor maksimal = 12


Keterangan :
Berikan tanda (V) pada kolom yang sudah sediakan, setiap peserta didik menunjukan atau menampilkan prilaku yang diharapkan. Tiap prilaku yang di cek (V) dengan rentag nilai antara 1 – 3. (Baik=3, Sedang=2, kurang=1)
Nilai = jumlah skor yang diperoleh
                                                            X 100
            Jumlah skor maksimal




Memerikasa dan menyetujui                                                                        …,………………………..
Dosen …….                                                                                                    Mahasiswa



 

Komentar