RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
GAYA DADA
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Dedaktik dan
Metodik Aquatik yang di Bimbing oleh Sriningsih, M,Pd
Oleh
:
Mahpud
Yusuf
Ridho
fahrizal
Habib
SEKOLAH TINGGI ILMU KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
PASUNDAN CIMAHI
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : STKIP
PASUNDAN CIMAHI
Kelas/Semester :2 B Semester III
Tema/Topik :Gerakan
kaki Gaya Dada
Waktu
:1
X 30 Menit
A. Kompetensi
Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang di
anut
2.
Menghargai dan menghayati prilaku jujur, bertanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dangan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (Factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomenal dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (Mengunakan, mengurai,
marangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, mengambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di peajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam susut pandang / teori.
A. Kopentensi Dasar :
1.Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktifitas
jasmani, permainan, dan olahraga.
2.
Berprilaku soprtif dalam bermain.
3.
Disiplin dalam melakukan aktifitas fisik.
4.
Memahami pengetahuan modifikasi keterampilan renang gaya dada.
5.Mempraktikan
modofikasi teknik keterampilan renang gaya dada dengan menekankan gerak dasar
fundamental.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan do’a sebelum memulai pembelajaran.
2. Menunjukan sikap soprtif dalam bermain.
3. Menunjukan sikap disiplin selama mengikuti
pembelajaran.
4. Melakukan modifikasi teknik dasar pernafasan
renang gaya dada dengan koordinasi yang baik
5. Siswa mampu beradaptasi dengan kondisi kolam
renang (Didalam air maupun di sekitar kolam)
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melafalkan dao menurut agama masing masing.
2. menunjukan sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukan sikap disiplin selama mengikuti
pembelajaran.
4.
Peserta didik dapat beradaptasi dengan situasi kolam renang (di dalam air
maupun di area sekitar kolam).
5.
Melakukan latihan teknik dasar renang gaya dada, gerakan kaki gaya dada.
6.
Melakukan permainan kekompakan dan kordinasi.
7.
Menjelaskan teknik renang gaya dada.
8.
Menjelaskan seluruh teknik gaya dada.
E. Materi Pembelajaran
Keseluruhan
Teknik Renang Gaya Dada
Gaya dada sring disebut gaya katak,
karna gerakannya mirip dengan katak berenang. Gaya dada sebetulnya gaya yang
paling banyak di pilih dan banyak dilakukan oleh masyarakat untuk sekedar
rekreasi atau untuk menjaga kesehatan. Karna gaya dada merupakan sebuah renang
yang hemat energy, bisa dilakukan dengan santai meskipun untuk jarak yang cukup
jauh.
1.
Posisi Tubuh
Posisi tubuh harus streamline selama
melakukan dorongan, saat kedua lengan lurus berada di depan pinggul dan kaki
sejajar dengan badan sedikit dibawah permukaan air. Kedua kaki harus rapat pada
saat posisi menjulur, jari-jari kaki dl luruskan sebagian besar dari kepala
berada di bawah permukaan air.
2.
Gerakan Kaki
Gerakan kaki gaya dada dimulai dari
menarik kedua tungkai bawah mendekati pinggul kemudian memutar kedua telapak
kaki ke luar hingga membentuk sudut 50 Derajat sehingga kedua telapak kaki
menghadap ke belakang untuk siap melakukan dorongan kel luar dan secara
serentak menutup rapat sehingga kedua kaki bertemu bersikap lurus di belakang.
3. Gerakan lengan
Gerakan
menarik lengan gaya dada, merupakan tarikan atau kayuhan yang terpendek
dibandingkan dengan ketiga gaya yang lainnya. Kayuhanya kurang efektif karna
bertentangan dengan prinsip gerak menarik lengan yang harus selalu dilakukan
secara penuh. Namun demikian lengan ini sangat penting terutama apabila
dikombinasikan dengan gerakan kaki untuk membuat luncuran.
a. Fase istirahat
Fase
ini ketika kedua tangan berada lurus di depan. Pada fase ini keadaan tangan
lurus. Dilunjurkan kedepan dengan telungkup. Kedua bahu merapat ke telinga
telapak tangan menghadap kesamping.
b. Fase membuka
Kedua
tangan membuka ke luar kira-kira sedikit lebih lebar dari bahu.
c. Fase Menangkap
Fase
ini dilakukan setelah fase membuka berakhir, kemudian memutar pergelangan
tangan dengan posisi sikut tinggi.
d. Fase Mendorong
Kedua
telapak tangan saling berhadapan serentak menutup telapak tangan hingga bertemu
kedua sikut dan tangan juga bertemu membentuk garis lurus di bawah dagu.
4. Nafas
Gerakan
mengambil nafas pada gaya dada dilakukan dengan menangkat mulut ke atas
permukaan air dan dada sedikit diangkat. Pada saat mulut keluar permukaan air
segera mengambil nafas dari mulut. Kemudian kepala masuk lagi ke dalam air lalu
membuang nafas boleh dari mulut atau hidung. Pada saat mengambil nafas
dilakukan dengan rileks tidak tergesa-gesa. Demikin pula saat mengeluarkan
nafas di dalam air diatur tidak terputus. Pada gaya dada cara mengambil nafas
adalah satu kali dalam setiap dorongan.
5. Koordinasi kaki, tangan, dannafas gaya dada
Dalam
koordinasi kaki dan lengan terdapat tiga macam timing pada saat ini digunakan yaitu
: bersinambung, meluncur, dan saling menutup. Timing koordinasi kaki dan lengan
secara continue, setelah kaki selesai melakukan tendangan kedua kaki sudah
menutup rapat, gerakan membuka tangan dimulai. Timing meluncur dilakukan ketika
kaki sudah selesai melakukan tendangan dan kedua kaki telah merapat, ada
beberapa saat untuk meluncur, baru kemudian melakukan gerakan tangan untuk
membuka. Timing overlapping, dilakukan ketika kaki setelah menendang keluar mau
menutup gerakan tangan mulai membuka.
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Metode saintifik (scientific)
2. Metode eksperimen
G.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris atau duduk, berdo’a, dan apreasi
·
Tanyakan kondisi kesehatan peserta didik atau tes
kekompakan peserta didik untuk persiapan pembelajaran (tes konsentrasi)
·
Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
5 menit
|
Inti
|
·
Pemanasan jogging mengelilingi kolam
·
Peserta didik masuk kolam dan berbaris rapih di
sesuaikan
·
Permainan kekompakan atau konsentrasi, semua
peserta didik harus mengikuti apa yang dikatakan oleh guru, jika ada yang
tidak konsentrasi terkena hukuman disiram oleh
·
Guru kembali menjelaskan lagi apa yang akan
dipelajari
·
Peserta didik mengunakan pelampung atau di bantu
teman teman nya untuk melakukan gerakan kaki gaya dada
·
Peserta didik berbaris disesuaikan dengan kondisi
dilapangan dan melakukan gerakan kaki gaya dada di tempat mengunakan pelampung atau dibantu oleh
teman pasangan nya.
·
Setelah itu peserta didik melakukan nya sambil
berjalan di tarik oleh teman nya atau mengunakan pelampung
·
Guru mengamati ssetiap gerakan peserta didik
·
Guru mengawasi dan memperbaiki kesalahan gerakan
yang dilakukan oleh peserta didik
|
10 menit
|
Penutup
|
·
Semua peserta didik di kumpulkan
·
Guru membahas apa yang telah dilakukan oleh
peserta didik
·
Peserta didik dipersilahkan untuk bertanya
·
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
berdoa
|
5 menit
|
H.
Sumber belajar
1. Kolam renang
I.
Alat pembelajaran
1. Peluit
2. Kamera
3. Pelampung
J.
Pengamatan Sikap
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat peserta didik melakukan
aktifitas di kolam. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu :
1. Menunjukan prilaku
sportifitas
2. Tanggung jawab
3.Menghargai teman
4. Disiplin
K.
Penilaian sikap
a. Penunjuk penilaian
Penilaian aspek prilaku (sikap) dilakukan dengan
pengamatan selama mengikut kegiatan belajar mengajar. Pengamatan dalam proses
penilaian dilakukan saat peserta didik melakukan renang gaya dada. Aspek aspek
yang dinilai meliputi :
1. Kerjasama
2. Tanggung jawab
3. Menghargai teman
4. Menerima kekalahan
dan kemenangan
b. Rubik penilaian
perilaku
Perilaku yang diamati
|
Cek (V)
|
Perolehan nilai
|
Nilai akhir
|
Keterangan
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
||||
1.
kerja sama
|
||||||
2.
tanggung jawab
|
||||||
3.
Menghargai teman
|
||||||
4.
Menerima kekalahan dan kemenangan
|
||||||
Jumlah skor maksimal = 12
|
Keterangan :
Berikan tanda (V) pada
kolom yang sudah sediakan, setiap peserta didik menunjukan atau menampilkan
prilaku yang diharapkan. Tiap prilaku yang di cek (V) dengan rentag nilai
antara 1 – 3. (Baik=3, Sedang=2, kurang=1)
Nilai = jumlah skor
yang diperoleh
X 100
Jumlah skor maksimal
Memerikasa dan
menyetujui …,………………………..
Dosen ……. Mahasiswa
Komentar