Makalah Permainan Tradisional Hadang/Gobak Sodor



Bab 1 Pendahuluan

Pesatnya perkembangan teknologi dan Informasi (IT) hampir menggusur permainan tradisional. Anak-anak sekarang lebih banyak permainan yang berbasis TI.Play Station, game online, facebook, twitter, dan masih banyak lagi permainan yang berbasis TI lainnya. Permainan tradisional pun kini perlahan tapi pasti mulai ditinggalkan. Bahkan, anak-anak banyak yang tidak tahu beragam permainan tradisionalyang dulu diwariskan turun menurun. Walaupun tidak menutup kemungkinan, kadang-kadang masih dijumpai di sekitar kita, tetapi biasanya dalam rangka perayaan tujuh belasan atau festival dolanan anak.Padahal dalam permainan tradisional banyak nilai-nilai yang terkandungdidalamnya (kerjasama, sportivitas, keberanian, toleransi, percaya diri dan sebagainya).Secara tidak langsung anak-anak pun beraktivitas fisik yang terkadang di luar bataskemampuannya. Permainan tradisional tidak membutuhkan biaya dan dapat dinikmatisemua kalangan. Di sekolah permainan tradisional dapat diperkenalkan melalui pendidikan jasmani. Karena pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan melalui penyediaan pengalaman belajar kepada peserta didik berupa aktivitas jasmani, bermaindan berolahraga yang direncanakan secara sistematis guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan fisik, organik, keterampilan motorik, keterampilan berfikir, emosional,social, dan moral. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina,sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat.


BAB IIPEMBAHASANA.

Sejarah Permainan Gobag Sodor

Gobag sodor merupakan permainan tradisional yang bersifat kelompok.Keberadaan permainan gobag sodor dalam masyarakat sudah cukup lama, namun kinitampaknya sedang mengalami penurunan. Permainan ini sudah tidak banyakditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di kalangan anak-anak. Hal itudisamping karena pengaruh dari kemajuan pengetahuan serta sosial ekonomimasyarakat, dan juga karena semakin sulit menemukan arena yang memadai untuk bermain gobag sodor.Ada dua pendapat tentang asal usul permainan gobag sodor. Pertama,mengatakan bahwa permainan gobag sodor dari luar negeri yaitu berasal dari bahasa asing go back to door.

Dikarenakan lidah orang Jawa sulit mengucapkan, maka agarlebih mudah diingat dan diucapkan akhirnya menjadi gobag sodor. Sedangkan pendapat kedua, mengatakan bahwa permainan tersebut berasal dari dalam negeriyang terdiri dari dua kata yaitu gobag dan sodor. Gobag berarti bergerak dengan bebaskemudian menjadi nggobag yang berarti berjalan memutar, sedang sodor berartiwatang yaitu semacam tombak yang memiliki mata tombak yang tajam. Namundalam permainan ini sodor adalah penjaga garis sumbu atau garis sodor yang beradaditengah membelah arena permainan. Garis tersebut digunakan lalu lintas si odoruntuk mempersempit ruang gerak lawan sehingga mudah dimatikan.

B. Waktu permainan Gobag Sodor

Dalam permainan gobag sodor sebenarnya tidak ada ketentuan mengenaiwaktu untuk bermain. Artinya permainan gobag sodor bebas dilakukan kapan saja jikaanak menginginkan. Meskipun demikian para pelaku permainan tentu harus tahuwaktu kapan bisa bermain. Hal ini dikarenakan permainan gobag sodor membutuhkan pelaku yang relatif banyak.Pada umumnya permainan ini dilakukan setelah anak-anak tidak begitu terikat pekerjaan yang cukup penting, misalnya sudah selesai membantu orang tua atau sudah pulang sekolah. Menurut infororman: “pada masa lalu permainan gobag sodor sering dimainkan pada saat terang bulan, sekarang sudah tidak lagi. Kalau sekarang permainan tersebut hanya dilakukan pada siang hari, bahkan kadang-kadangdipertandingkan atau diperlombakan”.


C.Tempat Permainan Gobag Sodor

Dikarenakan pelaku dalam permainan gobag sodor jumlahnya relatif banyak,maka tempat atau arena permainannya juga membutuhkan tempat yang relatif luas.Permainan ini dapat dilaksanakan di halaman rumah atau sekolah yang luas dan datar.Arena permainan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 16 x 8 meter.Arena tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa bujur sangkar (disesuaikan jumlah pemain yang jadi) misalnya 8anak maka arena dibagi menjadi 6 kotak dan satumenjadi sodor yaitu anak yang bermain di garis tengah.

D. Alat Permainan Gobag Sodor

Permainan gobag sodor tidak memerlukan peralatan khusus. Permainantersebut hanya memerlukan arena atau halaman yang cukup luas dan rata. Di halamantersebut kemudian dibentuk tiga persegi panjang dengan satu garis vertikal dan 4 ataulebih garis horisontal (sesuai dengan jumlah pemain)menggunakan alat atau bendalain misalnya sebuk gergaji, kapur atau menulis batang kayu apabila arena tanahlapang, dan lainnya yang dirasa tidak akan mengganggu jalannya permainan. Berikutini adalah gambar arena permaianan tradisional gobag sodor :



Peserta Permainan Gobag Sodor
Permainan gobag sodor adalah permainan yang jumlah pemainnya relatif banyak dan harus genap dan dibagi menjadi dua kelompok. Jumlah pemaindisesuaikan dengan jumlah garis yang melintang di arena tersebut, misalnya jumlahgaris melintang 4 buah, maka jumlah pemainnya 4 x 2 = 8 anak. Jumlah tersebutkemudian dibagi menjadi dua kelompok misalnya A dan P. Peserta permainan gobag sodor berumur antara 10-15 tahun (usia sekolahdasar). Oleh karena anak seusia tersebut dipandang sudah pandai mengatur siasat, punya tenaga yang dibutuhkan serta kelincahan sehingga tidak mudah tersentuhlawan. Permainan gobag sodor pada umumnya digemari oleh anak laki-laki. Namuntidak tertutup kemungkinan anak perempuanpun bisa melakukan permainan ini.

 Teknik dan Cara Permainan Gobag Sodor 

PersiapanApabila anak-anak sudah berkumpul dan bersepakat untuk bermain gobagsodor, selanjutnya mereka akan bersama-sama membuat arena yang akandigunakan untuk bermain, misalnya membuat garis-garis batas denganmenggunakan kapur. Setelah arena permainan selesai dibuat, selanjutnya merekamembentuk dua kelompok dengan cara undian atau hompimpah. Kemudian salahsatu peserta melakukan suit untuk menentukan menang atau kalah. Mereka yangsuitnya menang menjadi satu kelompok sebagai pemenang, misalnya X (terdiridari a, b, c, d) sedangkan yang kalah menjadi satu kelompok Y (terdiri dari p, q, r,s). Kelompok yang menang pinsut (X) akan bermain terlebih dahulu. Sementarayang kelompok kalah (Y) harus berdiri menjadi penjaga garis dengan garis lintangdan garis bujur tengah, untuk menghalangi anggota kelompok pemain agar tidak bisa masuk ke dalam arena permainan.

Aturan Permainan Setelah arena permainan selesai dibuat dan pembagian kelompok pun sudahdilaksanakan, selanjutnya mengadakan kesepakatan aturan main. Aturandibutuhkan agar permainan dapat berjalan dengan lancar. Aturan permainan gobagsodor diantaranya :

  1. Penjaga boleh bergerak kesana kemari, tetapi tidak boleh melewati garismelintang/                        membujur yang dijaganya. 

2. Kaki si penjaga tidak boleh keluar dari garis.

3. Penjaga hanya boleh menyentuh pemain lawan dengan tangan dan tidak bolehmenyakiti.

4. Pemain yang sudah masuk tidak boleh keluar lagi.

 5. Garis tengah arena (garis sodor) hanya dilewati oleh sodor.

6. Pemain jika akan masuk harus melewati garis jaga, kalau dilanggar makadianggap mati dan terjadilah pergantian pemain.

7. Pemain jika tersentuh penjaga dianggap mati.

8. Kalau pemain dapat melewati penjaga sampai garis belakang, harus kembalike depan melewati garis penjagaan.

9. Jika ada pemain yang dapat berhasil kembali ke tempat semula, kelompoknyadianggap menang dan mendapat sawah atau skor satu. 

10. Apabila ada salah satu pemain yang melanggar aturan kelompoknya dianggapmati dan berganti posisi dengan penjaga.

11. Permainan selesai jika semua pemain sepakat untuk menyelesaikan permainan.

Jalannya Permainan Kelompok X (a, b, c, d) sebagi kelompok pemenang berusaha memasukikotak-kotak yang ada menuju ke belakang arena permainan dan berusaha untukdapat kembali ke depan arena permainan. Dengan berbagai cara dankelincahannya anggota kelompok X berusaha mengelabuhi penjaga dari anggotakelompok Y (p, q, r, s). Anggota kelompok X berusaha dengan segala cara agardapat melewati kotak ke kotak yang harus dilalui. Untuk itu diperlukankonsentrasi tinggi, mereka berusaha supaya tidak tersentuk sodor maupun penjagagaris. Jika sempat lengah mereka dapat tersentuh tangan panjaga. Kalau sampaiada pemain yang tersentuh penjaga maka kelompoknya dianggap mati, sehinggaterjadi pergantian kelompok pemain. Namun, jika ada pemain yang berhasilmenerobos sampai garis belakang misalnya c, ia harus kembali lagi ke depanarena dengan hadangan ketat para penjaga. Kalau c berhasil menerobos penjagaandan dapat sampai di depan garis depan arena maka ia disebut butul (penembus)kelompoknya menang dan mendapat sawah atau skor, begituseterusnya.


Manfaat Permainan Gobag Sodor

Permainan gobag sodor tidak hanya berfungsi sebagai hiburan bagi anak,tetapi juga sebagai wadah mempererat persahabatan. Selain itu terdapat beberapamanfaat lainnya seperti :

1.Fisika.

a. Melatih kelincahan gerak tubuh. 

b. Melatih kecepatan.

c. Mengasah kemampuan dalam mencari strategi yang tepat.

d. Mengembangkan keterampilan gerak dasar berlari dan rekreasi.

e. Melatih kerja sama dalam sebuah tim.

f. Meningkatkan kekuatan dan ketangkasan.

g. Menanamkan sportivitas serta kesadaran hidup sehat.

2. Mentala. 

a. Melatih kepemimpinan. 

b. Mengasah kemampuan otak.

c. Mengembangkan sikap sosial yang dimiliki anak untuk menyelamatkantemannya dari garis lawan.

d. Dapat melatih kecermatan anak dalam menyelesaikan suatu masalah.

e. Kesempatan dapat menerima kemenangan dan kekalahan dengan sikap lapangdada.

f. Kesempatan untuk bergaul dengan teman-temannya.Selain itu permainan ini dapat bermanfaat untuk membentuk karakter anaksaat memainkannya, yaitu diantaranya :

1. Bekerja sama, yaitu ketika anak bermain dalam kelompoknya berusaha bekerjasama untuk memenangkan pertandingan sesuai dengan perannya masing masingdalam permainan.

2. Melatih anak untuk jujur, yaitu jika berada dalam kelompok mengakui apabilatersentuh lawan atau melewati batas mati. Dan jika berada dalam kelompok jagagaris, tidak berbuat curang dengan keluar dari garis penjagaan.

3. Bertanggung jawab, yaitu dengan melakukan tugas jaga garis dengan baik sesuai perannya masing-masing.

4. Disiplin, yaitu anak-anak mematuhi ketentuan dan peraturan dalam permainangobag sodor.

5. Kerja keras, yaitu anak-anak berusaha keras menerobos garis-garis yang dijagalawan untuk mendapatkan skor dan kemenangan.

6. Percaya diri, yaitu ketika mulai bermain anak-anak tidak pernah berpikir untukkalah duluan, mereka yakin terhadap kemampuannya untuk menang dan dengan berani menghadapi lawan dalam pemain.

7. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, yaitu dalam permainan ini merangsangaktivitas berpikir menentukan strategi untuk menerobos garis penjagaan lawan,melihat situasi dan kondisi mengambil kesempatan, mengecoh lawan danmemikirkan bagaimana cara memperoleh kemenangan tanpa tersentuh penjagagaris.

H. Permainan gobak sodor termasuk dalam mapel

1. PJOK Dalam permainan gobag sodor anak secara tidak sadar melakukan kegiatanolahraga seperti kelincahan dan kecepatan misalnya bergerak, berlari, melompatdan menepukkan tangan.

2. MatematikaDalam permainan gobag sodor anak secara tidak sadar mengenal bangun datar persegi dan persegi panjang serta garis horizontal dan vertikal. Hal ini dapatdilihat dari arena permainan yang dibentuk tiga persegi panjang dengan satu garisvertikal dan 4 atau lebih garis horisontal. Cara mengaitkan pembelajaranmatematika pada permainan gobag sodor :Saat permainan :Ketika anak akan melakukan permainan ini maka guru membimbing terlebihdahulu sebelum mereka bermain dan menjelaskan aturan permainan. Sebelum bermain, anak-anak terlebih dahulu harus membuat arena permainan terlebihdahulu. Anak diharuskan membuat 3 garis vertikal dan 4 garis horizontal yangnatinya membentuk 6 buah persegi panjang. Dengan begitu siswa secara tidaksadar akan mempelajari matematika.Saat pembelajaran :Dalam pembelajarn anak diingatkan lagi kalian telah memainkan permainin gobag sodor. Guru dapat bertanya kepada siswa “Arena permainan gobag sodor tadi berbentuk seperti apa?” (6 buah persegi panjang, 3 garis vertical dan 4 garis horisontal).

I. Filosofi Permainan Gobag Sodor

Permainan gobag sodor memiliki makna filosofis yaitu dapat diartikan sebagaisimbol dari dunia bisnis. Dalam hal ini selain kebersamaan, kita dapat belajarkerjasama yang kompak antara satu penjaga dan penjaga lainnya agar lawan tidaklepas kendali untuk pindah atau keluar dari kotak. Di pihak lain bagi penerobos,masih banyak pintu-pintu yang terbuka apabila satu celah dirasa tidak tertutup. Jangan putus asa apabila dirasa ada pintu satu yang dijaga, karena masih ada pintu lain yangsiap memerima kedatangan kita, yang penting kita mau berusaha dan bertindaksegera. Ingatlah bahwa peluang selalu ada, walaupun terkadang nilai probabilitasnyasedikit.

J. Eksistensi Permainan Gobag Sodor

Dalam perkembangan jaman saat ini, ilmu teknologi sudah sepatutnyadiapresiasi akan tetapi perkembangan ilmu teknologi jangan sampai menghilangkankebudayaan lokal masyarakat itu sendiri, terlebih dalam dunia olahraga seperti permainan tradisional. Permainan gobag sodor saat ini sudah jarang sekali dimainkanoleh kalangan anak-anak, karena kebanyakan dari anak-anak sudah mulai asik bermain dengan dunianya sendiri seperti memainkan game online di handphone. Inimenyebabkan anak menjadi malas untuk keluar rumah dengan teman-temannyamemainkan permainan tradisional gobag sodor tersebut. Hal ini mengakibatkan permainan gobag sodor jarang dimainkan bahkan anak-anak tidak mengetahui tentang permainan gobag sodor.Oleh karena itu eksistensi yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan danmelestarikan permainan tradisional gobag sodor pada kalangan anak-anak yaitudengan memberikan pembelajaran tentang permainan gobag sodor. Misalnya, dalamkurikulum 2013 guru dapat memasukkan permainan gobag sodor tersebut ke dalam berbagai mata pelajaran, seperti PJOK dan Matematika. Pada pembelajaran PJOKguru dapat memberikan permainan gobag sodor sebagai salah satu kegiatan olahraga,hal ini dikarenakan permainan tersebut melatih kelincahan dan kecepatan bergerak, berlari, dan melompat. Sedangkan pada pembelajaran Matematika guru dapatmengajarkan tentang suatu bangun datar seperti persegi dan persegi panjang, sertamembedakan garis horizontal dan vertikal. Dengan berbagai cara tersebut permainan

12 tradisional gobag sodor diharapkan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dan permainan tetap dikenal dan dilestarikan terutama oleh kalangan anak-anak.

BAB III

 

PENUTUP

Kesimpulan :

Dalam perkembangan jaman saat ini, permainan gobag sodor sudah jarangsekali dimainkan oleh kalangan anak-anak dan sudah banyak tergantikan oleh gameonline. Oleh karena itu eksistensi yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan danmelestarikan permainan tradisional gobag sodor pada kalangan anak-anak yaitudengan memberikan pembelajaran tentang permainan gobag sodor. Misalnya, dalamkurikulum 2013 guru dapat memasukkan permainan gobag sodor tersebut ke dalam berbagai mata pelajaran, seperti PJOK dan Matematika. Jadi gobag sodor juga dapatdigunakan sebagai sarana pembelajaran dan permainan tetap dikenal dan dilestarikanterutama oleh kalangan anak-anak


Sumber : AC


Komentar