baru lagi nih baru tadi belajar dari pada di pendem mending di sebar, semoga bermanfaat ya gann,,
LEMBAR
KERJA ANALISIS KONSEP KURIKULUM 2006
No
|
PERTANYAAN
|
PEMAPARAN DAN PENJELASAN JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Mengapa
perlu adanya perubahan kurikulum 2004 menjadi kurikulum 2006
|
A.
Tantangan masa depan
·
Globalisasi
·
Maslah linkungan hidup
·
Kemajuan teknologi informasi
·
Konvergensi ilmu dan teknologi
·
Ekonomi berbasis pengetahuan
·
Kebangkitan industry kreatif dan budaya
·
Pergeseran kekuatan ekonomi dunia
·
Pengaruh dan imbas teknisains
·
Mutu investasi dan transformasi pada sector
pendidikan
B.
Kompetensi masa depan
·
Kemapuan berkomunikasi
·
Kemampuan berpikir jernih dan kritis
·
Kemempuan mempertimbangkan segi moral suatu
permasalahan
·
Kemampuan menjadi warga Negara yang efektif
·
Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran
terhadap pandangan yang berbeda
·
Kemampuan hidup dalam masyarakat yang menggobal
·
Memiliki minat luas mengenai hidup
·
Memiliki kesiapan untuk bekerja
·
Memiliki kecerdasan sesuia dengan bakat/minatnya
|
|
2
|
Apa
saja elemen perubahan yang terdapat pada kurikulum 2006
|
·
KTSP
2006
·
Mata
Pelajaran tertentu mendukung kompetensi tertentu.
·
Mata
pelajaran dirancang berdiri sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri.
·
Bahasa
Indonesia sejajar dengan mata pelajaran lain.
·
Tiap
mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan berbeda.
·
Tiap
jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah
·
Tematik
untuk kelas I-III (belum integratif)
·
KTSP
2006
·
TIK
adalah mata pelajaran sendiri
·
Bahasa
Indonesia sebagai pengetahuan
·
Untuk
SMA ada penjurusan sejak kelas XI
·
SMA
dan SMK tanpa kesamaan kompetensi
·
Penjurusan
di SMK sangat detail (sampai keahlian)
|
|
3
|
Bagaimana
gambaran kerangka kerja kurikulum 2006
|
·
Tujuan pendidikan nasional
·
Kerangka dasar kurikulum
(filosofis,yuridis,konseptual)
·
Struktur kurikulum
·
Standar isi (tujuan mapel – sk
mapel – kd mapel)
·
Standar prose
·
Standar kompetensi lulusan
·
Standar penilaian
·
Pedoman
·
Silabus
·
Rencana pelaksanaan
·
Buku teks siswa
·
Pembelajaraan & penilaian
·
|
|
4
|
Bagaimana
strategi implementasi kurikulum 2006 dalam proses pembelajaraan
|
Implementasi merupakan suatu proses
penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis
sehingga memberikan dampak berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun
nilai, dan sikap. Implementasi kurikulum berbasis kompetensi dapat
didefinisikan sebagai suatu proses penerapan ide, konsep, dan kebijakan
kurikulum dalam suatu aktifitas pembelajaran sehingga peserta didik mampu
menguasai seperangkat kompetensi sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.
Miller dan Seller (1985:13) mengemukakan bahwa implementasi kurikulum merupakan
proses interaksi antara fasilitator sebagai pengembang kurikulum dan peserta
didik sebagai subjek belajar.
Implementasi kurikulum dipengaruhi oleh tiga
faktor :
1. Karakteristik kurikulum, mencakup ruang
lingkup ide baru suatu kurikulum dan kejelasannya bagi pengguna dilapangan.
2. Strategi implementasi, yaitu strategi yang
digunakan dalam implementasi (diskusi profesi, seminar, penataran, penyediaan
buku kurikulum dan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong kegiatan kurikulum
dilapangan.
3. Karakteristik penggunaan kurikulum, meliputi
pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap guru terhadap kurikulum serta
kemampuan untuk merealisasikan kurikulum dalam pembelajaran.
|
|
5
|
Bagaimana
gambaran alokasi waktu belajar dalam kurikulum 2006
|
|
|
6
|
Bagaimana
pencapaian kompetensi peserta didik pada kurikulum 2006 ?
|
Kurikulum 2006
-
Rentang angka
Huruf
-
96 – 100 A
-
88 – 95 A-
-
80 – 87 B +
-
71 – 79 B
-
64 – 70 B -
-
55 – 63 C +
-
46 – 54 C
-
38 – 45 C -
-
30 – 37 D +
-
25 – 29 D
|
|
7
|
Bagaimana
pendekatan dan model pembelajaan pada kurikulum 2006
|
Secara umum terdapat 4 macam
pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip KTSP dalam
pelaksanaan pembelajaran, yaitu:
Pembelajaran Langsung
Pendekatan pembelajaran ini bertujuan mengembangkan penguasaan pengetahuan/ketrampilan melalui penyajian langsung oleh guru. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah kegiatan guru sebagai berikut:
Pembelajaran Kontekstual
Pendekatan pembelajaran ini
bertujuan mengkaitkan materi ajar dengan situasi dunia nyata yang dikenal
siswa. Kegiatan pembelajaran melibatkan kegiatan-kegiatan guru sebagai
berikut:
Pembelajaran Berbasis Masalah Pendekatan pembelajaran ini memulai pembelajaran dengan pemecahan masalah yang penting dan cocok bagi siswa. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah kegiatan guru sebagai berikut:
Strategi
Pembelajaran Terbaik
Strategi pembelajaran yang terbaik adalah mengurangi pendekatan pembelajaran langsung, dan meningkatkan penggunaan pendekatan-pendekatan pembelajaran kontekstual, berbasis masalah, dan kooperatif. Kiat-kiat menerapkan strategi tersebut disarankan sebagai berikut:
|
|
8
|
Bagaimana
proses penilaian pembelajaraan pada kurikulum 2006
|
Penilaian
unjuk kerja (performance)
Penilaian
unjuk kerja adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktifitas
siswa penilaian ini biasanya digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam
berpidato, pembacaan puisi, diskusi, pemecahan masalah, partisipasi siswa
dalam diskusi, menari, memainkan alat music, aktifitas olahraga, mengunakan
laboratorium mengoprasikan suatu alat dan aktifitas lain yang bisa di
amati/diobservasi
Penilaian
penugasan (project)
Penilaian
melalu proyek dilakukan terhadap suatu tugas atau penyelidikan secara
individual atau kelompok untuk periode tetentu tugas tersebut berupa
investigasi sejak dari perencanaan pengumpulan data penorganisasian
pengolahan dan penyajian data
Penilaian
hasil kerja (produk)
Merupakan
penilaian terhadap siswa untuk membuat produk-produk teknologi dan seni
seperti makanan, pakaian, hasil karya seni, (gambar, lukisan, pahatan) barang
barang terbuat dari kayu, kramik,
plastic,dan logam cara ini tidak hanya melihat hasil akhir nya saja tetapi
juga dari proses pembuatanya contoh kemampuan siswa melakukan siswa melakukan
teknik mengambar mengunakan peralatan dengan aman membakar kue dengan hasil
baik bercita rasa enak dan berpenampilan menarik
Penilaian
tes tertulis ( paper and pen)
Tes
tertulis biasanya untuk waktu yang terbatas dan dalam kondisi waktu terbatas
dan dalam kondisi tertentu tes tertulis merupakan tes dimana soal dan jawaban
yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tuliasan dalam menjawab tulisan
siswa tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga
dalam bentuk yang lain seperti member tanda, mewarnai, mengambar, dan lain
sebagainya.
Penilaian
portofolio
Penilain
portofolio adalah penilaian berdasarkan kumpulan hasil kerja siswa.
Protofolio dihasilkan dari pengalaman belajar atau pembelajaran siswa dalam
periode waktu tertentu. Portofolio merupakan koleksi peribadi hasil pekerjaan
seseorang yang menggambarkan taraf pencapaian kegiatan belajar kekuataan dan
pekerjaan terbaik siswa, contoh karya-karya yang dimasukan dalam penilaian
portofolio, puisi karangan gambar, tulisan, peta, denah, desain, paper,
laporan observasi, laporan penyelidikan, laporan penelitian, laporan
experiment, synopsis, naskah pidato/khotbah, naskah drama naskah doa, rumus
kartu ucapan surat, komposisi music, teks lagu, resep makanan
Penilaian
sikap
Penilaian
sikap merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati perasaan,
kepercayaan atau keyakinan siswa dalam kecendrungan untuk berprilaku dengan
suatu obyek (kokom komalasari 2011-156).
Ojek
sikap yang perlu dinilai
1.
sikap terhadap materi pelajaran
Siswa
perlu memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran
2.sikap
terhadap guru/pengajar
Siswa
perlu memiliki sikap positif terhadap guru sehingga dapat memusatkan
perhatian pada apa yang di ajarkan oleh guru dan pada akhirnya mudah menyerap
materi
3.
sikap terhadap siswa lain(teman)
Siswa
perlu memiliki sikap sosial yang baik terhadap teman-temannya
4.
sikap terhadap proses pembelajaran siswa juga perlu memiliki sikap yang baik
terhadap suasana pembelajaran strategi, metodelogi, dan teknik pembelajaran
yang digunakan sehingga mendapat hasil yang maksimal
5.saikap
yang berkaitan dengan penilaian atau norma yang berhubungan dengan mata
pelajaran siswa perlu memiliki sikap yang tepat yang dituntut kompetnsi dasar
|
|
9. Paparkan perbedaan kurikulum 2006 dengan
kurikulum sebelumnya ?
KBK 2004 :
·
Standar kompetensi lulusan diturunkan
dari standar isi
·
Standar isi diturunkan dari standar
kompetensi mata pelajaran
·
Pemisahan antara pembentukan sikap ,
membentuk keterampilan , dan pembentukan sikap`,pembentukan keterampilan , dan
pembentukan keterampilan
·
Kompetensi diturunkan dari mata
pelajaraan
·
Mata pelajaran lepas satu dengan yang
lain , seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah
·
Pengembangan kurikulum sampai pada
silabus
·
Tematik kelas 1 dan 2 (mengacu maple)
KTSP 2006
·
Pada ktsp , sekolah diberi keluluasaan
untuk mendelegasi seluruh kurikulum liahat karakter , dan potensi local, ktsp
menekankan pada kompetensi akan tetapi lebih di luncurkan lagi dalam
operasional dan implementasi di sekolah
·
Standar kompetensi lulusan diturunkan
dari standar mata pelajaran
·
Pemisah antara matapelajaran pembentuk
sikap,pembentuk keterampilan , dan pembentuk pengetahuan
·
Kopetensi diturunkan dari mata
pelajaraan
·
Mata pelajaran lepas satu dengan yang
lain seperti sekumpulan mata pelajaran terpisah
·
Pembangungan kurikulum sampai kompetensi
dasar
·
Tematik kelas 1- 3 (mengacu mapel)
10. Buat rangkuman dari konsep kurikulum 2006 secara
keseluruhan berdasarkan hasil analisa ?
Kurikulum adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalah kurikulum operasional
yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP
terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan
kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu,
dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi
dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dan mempunyai
prinsip-prinsip sebagai berikut
a. Berpusat
pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan
lingkungannya
b. Beragam
dan terpadu
c. Tanggap
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
d. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
e. Menyeluruh
dan berkesinambungan
f. Belajar
sepanjang hayat
g. Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
DAFTAR
PUSTAKA
http://agrisiatutik.blogspot.co.id/2013/05/makalah-kurikulum-ktsp.html
Komentar