Makalah Sejarah Filsafat Olahraga

Makalah Filsafat Olahraga

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN FILSAFAT
            Untuk memperoleh pengertian tentang filsafat diperlukan kajian yang mendalam tetang filsafat itu sendiri. Pengertian filsafat dari para filsuf selalu berbeda-beda. Pengertian filsafat dapat ditinjau dari dua segi, yaitu pengertian secara Etimologi dan pengertian secara Terminologi.

1.      Pengertian Filsafat Secara Etimologi
            Secara etimologik filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophia. Kata ini terdiri dari philein yang berarti kasih, liefdi yang berarti cinta atau love, dan sophia yang berarti kebijakan atau wisdom. Jadi dapat diartikan secara etimologik bahwa filsafat  adalah cinta kebijakan (love of wisdom).
  
 2.      Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli
            a.      Plato
      Filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli.
            b.      Rene Descartes
      Filsafat adalah kumpulan segala pengetahuan dimana Tuhan, alam, dan manusia menjadi pokok penyelidikan.
            c.       Immanuel Kant
Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang menjadi pokok pangkal dari segala pengetahuan, yang di dalamnya tercakup masalah epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui.
            d.      Langeveld
Filsafat adalah berpikir tentang masalah-masalah yang akhir dan yang menentukan, yaitu masalah-masalah yang mengenai makna keadaan, Tuhan, keabadian, dan kebebasan.
           e.       Prof. Mr. Muhammad Yamin
Filsafart ialah pemusatan pikiran sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya di dalam kepribadiannya itu dialaminya kesungguhan.

            Berdasarkan dari pengetian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Filsafat adalah suatu usaha untuk memahami hakikat, mempersolakan suatu isu secara kritis, guna memperoleh pengetahuan yang paling hakiki pada suatu bidang tertentu.

B.     RUANG LINGKUP FILSAFAT
            Ruang lingkup filsafat adalah segala sesuatu lapangan pikiran manusia yang amat luas. Segala sesuatu yang mungkin ada dan benar, benar ada (nyata), baik material konkrit maupuan nonmaterial abstrak (tidak terlihat). Ruang lingkup filsafat dapat dibedakan menjadi dua yaitu objek material filsafat dan objek formal filsafat.

a.      Objek Material Filsafat
      Objek material, yaitu hal yang diselidiki, dipandang, atau disorot oleh suatu disiplin ilmu, selain itu objek material dapat berupa suatu bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau pembentukan pengetahuan. Objek material dapat mencakup apa saja, baik hal-hal konkret atau pun hal yang abstrak.
      Para ahli menerangkan bahwa objek filsafat itu dibedakan atas objek material atau objek materiil filsafat; segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, baik materiil konkret, phisis maupun nonmateriil abstrak, psikhis, termasuk pula pengertian abstrak-logis, konsepsional, spiritual, nilai-nilai. Dengan demikian objek filsafat tak terbatas.
Setelah melihat dan mempelajari berbagai pendapat dan para ahli tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa objek material dan flisafat adalah sangat luas yaitu yang mencakup segala sesuatu yang ada maupun segala sesuatu yang mungkin ada. Objek materil filsafat dapat dibagi dua yaitu:

       1.      Objek yang bersifat umum


                                                  ·            Metafisika
                                                  ·            Estetika
                                                  ·            Axiologi
                                                  ·            Logika
                                                  ·            Etika
                                                  ·            Epistemologi
                                                  ·            Filsafat Manusia

       2.      Objek yang bersifat khusus.
                                                   ·            Filsafat Ketuhanan
                                                   ·            Filsafat Sejarah
                                                   ·            Filsafat Ilmu
                                                   ·            Filsafat Hukum
                                                   ·            Filsafat Politik dan Ideologi
                                                   ·            Filsafat Komukikasi
                                                   ·            Filsafat Bahasa

     b.      Objek Formal Filsafat
      Objek formal filsafat diartikan sebagai sudut pandangan yang ditujukan pada bahan dari penelitian atau pembentukan pengetahuan itu, atau sudut darimana objek material itu ditinjau. Objek formal suatu ilmu tidak hanya memberi keutuhan suatu ilmu, tetapi pada saat yang sama membedakannya dari bidang lain. Satu objek material dapat ditinjau dari berbagai sudut pandangan sehingga menimbulkan ilmu yang berbeda-beda. Misalnya objek materialnya adalah “manusia” dan manusia ini ditinjau dari sudut pandangan yang berbeda-beda sehingga ada beberapa ilmu yang mempelajari manusia di antaranya psikologi, antropologi, sosiologi, dan sebagainya.
Jadi yang membedakan antara filsafat dengan ilmu-i1mu lain terletak dalam objek material dan objek formalnya. Kalau dalam ilmu-ilmu lain objek materialnya membatasi diri, sedangkan pada filsafat tidak membatasi diri. Adapun pada objek formalnya membahas objek materialnya itu sampai ke hakikat atau esensi dari yang dihadapinya.

C.    SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT

Perkembangan filsafat dapat dikelompokkan dalam beberapa periode sebagai berikut:

a.      Zamam Yunani Klasik
      Periode filsafat Yunani memegang peran krusial dalam sejarah peradaban manusia karena pada waktu itu terjadi perubahan besar dalam pola berpikir manusia  dari mitos–mitos kepada pemikiran–pemikiran rasional. Setelah abad ke 6 SM ketika filsafat tampil ke pentas dunia, mitos dan dongeng sekian lama diyakini sebagai yang menjelaskan gejala–gejala alam dan teka-teki relasi antar manusia, manusia dengan alam sekitar dan dengan alam gaib dianggap runtuh. Manusia yang dulunya pasif dan pasrah dalam menghadapi fenomena alam menjadi lebih akrif dan kreatif dan mau menguasai alam ini. Alam menjadi objek kuasa dan penelitian manusia.

b.      Zaman Pra Yunani Kuno
         ·            Mitologi dianggap sebagai dasar kuat untuk menjelaskan segala sesuatu dalam alam dan bahkan menjelaskan teka–teki alam semesta. Lewat cara ini manusia sudah mulai dilatih untuk mulai berpikir.
         ·            Kesusastraan Yunani; sebelum filsafat secara formal lahir sudah karya–karya besar HOMOREUS seperti Lliad dan Odysseas, dimana syair dalam karya–karya tersebut selalu digunakan sebagai buku-buku pendidikan untuk rakyat yunani.
         ·            Sudah ada ilmu pengetahuan di timur kuno. Terdapat banyak kebudayaan lain disekitar Yunani yang berperadapaban tinggi dimana sudah menemukan ilmu-ilmu pengetahuan tertentu seperti ilmu ukur dan ulmu hitung.

c.       Zaman Yunani Kuno
      Pada zaman ini yunani tidak lagi dikuasai oleh mitos- mitos melainkan oleh Logos (rasio). Sikap ingin tahu dan menemukan hal hal yang baru. Sikap inilah yang menjadi dasar ilmu pengetahuan modern.

d.      Zaman Pra Socrates
      Para tokoh Pra Sokrates ini dikenal sebagai filsuf alam. Ciri yang menonjol pada masa ini adalah pengamatan terhadap gejala kosmis dan fisis untuk mencari dan menemukan prinsip atau asas (arche) dari segala sesuatu.
                                    ·         Thales (640-550 SM) melihat air sebagai asas.
                                    ·         Aaximander (611-545 SM) menyebut to apeiron sesuatu yang tak terbatas
                                    ·         Phitagoras (580-500 SM) menyebut bilangan atau angka sebagai yang menjelaskan sesuatu
            ·   Heraklitus dan Parmenides (515 SM) mempersoalkan realitas yang stabil atau labil. Heraklitus memperkenalkan Panta rhei, bahwa segala sesuatu selalu bergerak dan berubah-ubah seperti air yang senantisa mengalir. Parmenides sebaliknya mengklaim bahwa realitas itu tetap dan berubah. 

e.       Filsafat Abad Pertengahan (6-15 M)
      Abad pertengahan ditandai dengan teosentrisme dan para pengemban utama adalah para teolog. Ilmu–ilmu atau filsafat dilihat sebagai pelayan agama dan terjadinya kemerosotan penemuan–penemuan pada bidang ilmu dan filsafat karena otoritas agama dalam Gereja yang terlalu besar dan otoriter.

f.       Kelahiran Ilmu Pada Jaman Renaisans
      Zaman renaisans ditandai oleh zaman kebangkitan dan kelahiran kembali perkembangan peradaban, seni, sastra pada masa lalu sekaligus zaman terbebasnya pikiran manusia dari pelbagai ajaran dogmatis agama. Kesadaran atas kuasa manusia atas alam semesta semakin mononjol dan kemajuan dunia tergantung pada usaha dan hasil kerja manusia sendiri. Beberapa penemu yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi adalah seperti Franncis Bacon menemukan kompas dan mesiu, N.Kopernikus yang mengatakan bahwa planet mengelilingi pusat matahari, Johanes Kepler mengatakan bahwa benda langit bergerak mengikuti lintasan elips, Galileo Galilei menemukan teropong bintang.

g.      Zaman Modern
      Pada masa ini muncullah berbagai pemikiran Yunani antara lain rasionalisme, empirisrme, dan kritisme. Selain itu, masa ini juga memunculkan seorang intelektual yang bernama Gerard Van Cromona yang menyalin buku Ibnu Sina, “The canon of medicine”. Fransiscan Roger Bacon, yang menganut aliran pemikiran empirisme dan realisme  berusaha menentang berbagai kebijakan gereja dan penguasa saat itu.

h.      Zaman Kontemporer
      Pada abad ini tugas filsafat bukanlah membuat pernyataan–pernyataan tentang sesuatu yang khusus tetapi memcahkan persoalan yang timbul akibat ketidaksepahaman terhadap bahasa logika. 



BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
      Filsafat adalah suatu usaha untuk memahami hakikat, mempersolakan suatu isu secara kritis, guna memperoleh pengetahuan yang paling hakiki pada suatu bidang tertentu.
      Ruang lingkup filsafat adalah segala sesuatu lapangan pikiran manusia yang amat luas. Segala sesuatu yang mungkin ada dan benar, benar ada (nyata), baik material konkrit maupuan nonmaterial abstrak (tidak terlihat).

Filosof pertama yang mengkaji tentang asal usul alam di Zaman Yunani Kuno  adalah Thales (624-546 SM). Ia mengatakan bahwa asal alam adalah air karena unsur terpenting bagi setiap makhluk hidup adalah air. Air dapat berubah menjadi gas seperti uap dan benda padat seperti es, dan bumi ini juga berada di atas air. Selain Thales, terdapat pula beberapa ahli filsuf yang lain diantaranya adalah Heracleitos, Permenides, Plato dan lain-lain. Puncak keemasaan pada masa Yunani Kuno dicapai pada masa Sokrates dan Aristoteles.

      Perkembangan filsafat dari zaman ke zaman akan terus berubah. Filsafat pada zaman sekarang ini sudah mengalami proses yang sangat panjang yaitu mulai dari zaman Zaman Purba, Zaman mulainya penalaran yang selalu menyelidiki, Zaman pertengahan, serta Zaman modern hingga zaman kontemporer.

B.     SARAN

Apa bila terdapat kesalahan dalam pengetikan terlebih dahulu penulis minta maaf serta beri lah kritikan dan saran terhadap makalah ini agar bisa jadi panutan bagi penulis dalam membuat makalah selanjutnnya serta bisa membuat makalah yamg lebih baik dari makalah yang sebelumya,dan semoga maklalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca, atas kritikan dan sarannya penulis mengucapkan banyak terimakasih.






DAFTAR PUSTAKA

         ·            Amsal Bakhtiar. Filsafat Ilmu, Jakarta ; PT Raja Grafindo Persada, 2009

Komentar