5 hal penting agar kamu lolos SNMPTN 2018


5 Hal Penting Persiapan SNMPTN 2017
Quipperian yang sekarang telah duduk di bangku SMA kelas XII pasti sudah sebagian mempersiapkan diri untuk mendaftar SNMPTN 2018. Mulai dari mencari informasi seleksi hingga jurusan yang bisa dipilih pada SNMPTN kali ini.
Bagi kamu yang sudah menetapkan hati memilih jurusan apa di SNMPTN 2018 nanti, ada baiknya kamu juga mempersiapkan diri untuk ujiannya. Memang sih, ujiannya masih lama, tapi apa salahnya kamu mempersiapkan diri lebih awal.
Sebab, selain mematangkan diri untuk ujian SNMPTN, sebenarnya mempersiapkan diri sejak awal juga akan membantu kamu menggenjot nilai-nilai sekolah. Kali ini, Quipper Video Blog akan memberikan beberapa cara belajar efektif agar kamu bisa mempersiapkan diri untuk SNMPTN 2018 sekaligus membantu kamu meningkatkan prestasi belajar di sekolah.

Buat Timeline Persiapan SNMPTN

Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk belajar menghadapi SNMPTN 2018 ialah membuat timeline persiapan SNMPTN 2018. Dengan begitu, kamu bisa mengatur waktu kapan harus belajar untuk SNMPTN 2018 dan kapan untuk belajar menghadapi pelajaran sekolah.
Dalam membuat timeline, kamu harus melihat kalender akademik sekolahmu. Kapan UTS dilaksanakan, kapan UN dimulai, dan kapan ujian SNMPTN 2018 dilaksanakan. Setelah mengetahui hal itu, kamu bisa mengatur waktu mempersiapkan diri belajar SNMPTN 2018. Melakukan hal ini akan sangat membantumu mengurangi stres dari kebanyakan belajar.
Selain itu, kamu bisa memasukkan informasi tambahan mengenai SNMPTN 2018 ke dalam timelineyang dibuat. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari sumber informasi tambahan berulang-ulang. Saat lupa, kamu cukup membuka timeline yang telah dibuat.
Jangan sampai, kamu terlalu mempersiapkan diri untuk SNMPTN tapi lupa untuk menghadapi UTS ataupun UN sekolah. Melalui timeline itu, kamu bisa terhindar dari tekanan belajar yang overload.
Setelah timeline itu sudah jadi, kamu bisa menempelnya di kamar atau memasangnya di ponsel kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih terkontrol dalam mempersiapkan diri, baik untuk SNMPTN ataupun ujian sekolah.

Tips dan Informasi Penting Lolos SNMPTN 2018!

Lakukan Latihan Soal Secara Rutin

Practice make perfect! Ya, kamu harus melakukan latihan soal secara rutin agar dapat mempersiapkan diri saat menghadapi ujian. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan contoh-contoh soal dari ujian SNMPTN 2017. Dengan terbiasa melakukan itu, kamu akan mengetahui trik-trik soal yang biasa dihadapi saat ujian SNMPTN.
Adapun, latihan soal itu akan membantu kamu memetakan pelajaran apa saja yang kini tengah dipelajari di sekolah yang muncul pada soal SNMPTN. Dengan begitu, pembelajaran untuk persiapan SNMPTN 2018 akan sejalan dengan pelajaran yang kamu terima di sekolah.
Tak hanya itu, dengan melakukan latihan soal, kamu akan terbiasa menghadapi berbagai tipe soal yang biasa keluar dalam SNMPTN maupun UTS dan UN. Jadi, kamu bisa tenang menghadapai berbagai macam ujian tanpa harus panik.
Agar bisa mendapatkan contoh soal ujian SNMPTN, kamu hendaknya mengeceknya di Quipper. Karena, Quipper memiliki beragam contoh soal yang berkaitan dengan SNMPTN ataupun contoh tipe soal yang selalu muncul di tiap SNMPTN.

Membaca Buku Pelajaran Terjadwal

Untuk mempersiapkan diri tanpa mengganggu pelajaran di sekolah hendaknya kamu harus membiasakan diri membaca buku pelajaran secara terjadwal. Minimal, usahakan kamu membaca dan mengulang pelajaran sekolah selama 15 menit di rumah. Hal itu akan mer-refresh otakmu sehingga pelajaran di sekolah akan tersimpan di otakmu.
Atau, kamu bisa memilih satu hari tertentu untuk membaca beberapa buku pelajaran. Strategi belajarnya bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan kenyamanan kamu dalam belajar.
Dengan begitu, kamu belajar dua hal sekaligus, yakni untuk persiapan SNMPTN dan pelajaran sekolah. Melakukan ini akan membantuk kamu fokus pada SNMPTN tanpa mengganggu nilai sekolah.

Ajak Temanmu Belajar Bersama

Biar kamu bisa belajar dengan cara menyenangkan ada baiknya lakukan bersama teman-temanmu. Kamu bisa membahas latihan soal bersama ataupun belajar dari buku-buku pelajaran. Pastinya, dengan melakukan bersama-sama, apa yang kamu dan temanmu pelajari akan mudah kamu ingat.
Tentunya, agar tidak meminimalisir waktu bermain bersama, ada baiknya kamu mengatur porsi belajar bersamanya. Jadi, kebutuhan kamu untuk refreshing tidak akan hilang dan kamu bisa fokus untuk belajar.
Saat belajar bersama, kamu bisa saling bertukar bahan pembelajaran. Hal ini tentunya akan membuat persiapan kamu lebih matang. Sebab, sumber pembelajaran dari kamu dan temanmu bisa saja berbeda.
Pilihlah hari yang kiranya tepat untuk belajar bersama. Perlu diingat, dalam menentukan hari belajar bersama, ada baiknya kamu dan teman-temanmu saling menyesuaikan jadwal.

Konsultasikan Kepada Guru BK

Konsultasi kepada guru BK itu penting loh! Sebab, guru BK di sekolah kamu memang berfungsi sebagai tempat untuk berbagi, mengarahkan, dan membantu kamu memetakan masa depanmu selepas sekolah.
Kamu bisa konsultasikan banyak hal. Mulai dari jurusan apa saja yang bisa kamu pilih di SNMPTN 2018 hingga metode belajar efektif yang tepat agar persiapan SNMPTN tidak mengganggu belajar kamu di sekolah dan waktu bermain.
Biasanya, guru BK akan memberikan solusi ideal untuk kamu. Sebab, guru BK mengerti bahwa situasi tiap siswa berbeda satu dengan lainnya. Sehingga, solusi yang kamu terima merupakan cara paling bisa diterapkan olehmu dan belum tentu sesuai bila diterapkan ke orang lain.
Bila perlu, kamu bisa meminta guru BK untuk mengevaluasi belajar di sekolah. Dengan begitu, kamu bisa tahu kapan otakmu merasa terbebani.
Kamu juga bisa meminta rekomendasi guru BK untuk menghubungkanmu dengan guru tertentu bila kamu membutuhkan jam belajar tambahan untuk mempersiapkan SNMPTN bila kamu sungkan untuk meminta langsung. Tak hanya itu, kamu juga bisa meminta guru BK untuk memberikan beberapa contoh alumni sekolahmu yang telah sukses menembus SNMPTN sebelumnya.
Persiapan untuk lulus SNMPTN 2018 memang penting. Akan tetapi, jangan sampai ketika kamu tengah mempersiapkan diri lalai saat menghadapi berbagai ujian di sekolah, baik itu UTS maupun UN.
Karena, untuk dapat mengikuti ujian SNMPTN tentunya kamu perlu nilai rapor dan UN yang baik. Tanpa hal itu, kamu tidak bisa didaftarkan sekolah untuk mengikuti SNMPTN.
Lakukan persiapan sebaik mungkin tanpa mengganggu proses belajar mengajarmu di sekolah. Bila membutuhkan informasi tambahan perihal SNMPTN 2018, kamu bisa mengeceknya di Quipper Video Blog. Semangat ya Quipperian!!!
Penulis: Muhammad Khairil
sumber : QV
semua persiapan dari tahun ke tahun sama saja, semanggat!!!

Komentar