Inilah Tips Kuliah Sambil Kerja





Inilah Tips Kuliah Sambil Kerja
malam gan kali ini saya akan membahas pengalaman saya tentang kuliah sambil kerja, bukan kerja sambil kuliah ya, ini pembahasan kuliah mahasiswa reguler pagi, kalau reguler sore yang biasa disebut kelas karyawan itu mah sudah tidak asing lagi karna itu pasti sudah terbiayai oleh gajinya sebagai karyawan, pembahasan ini di khususkan untuk teman-teman yang kepengen mempunyai penghasilan sambil kuliah atau biasa sebut kuliah kerja. cocok juga untuk teman teman yang masih takut kuliah karna masalah finansial, jangan takut untuk melangkah karna kalau pikiran kita takut kita maju sejengkal saja pasti susah, nah pada tahap ini kita kudu positif thingking, berani dan percaya semua pasti ada jalannya semua ada jalanya, tinggal kita nya mau engga mencari jalan itu tetap berjalan walaupun banyak rintangan menghadang, banyak teman teman saya yang cerita dengan kasus seperti ini, di tidak melangkah karna rasa takut, sama saya juga dulu pada tahun 2014 setelah lulus sempet ada rasa takut, takut tidak terbiayai perkuliahan saya, tapi atas dorongan kedua orang tua saya, saya memberanikan diri untuk terus mewujudkan mimpi saya, dengan tetap di iringi do'a kedua orang tua saya, alhamdulillah setelah berjalan menurut saya lancar jaya dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan dengan mengunakan trik babu di kampus agar uang jajan tetap awet di saku saya, masuk ke pembahasan, ternyata banyak hal yang dapat dilakukan sambil berkuliah yang dapat menghasilkan keuangan yang lumayan untuk tingkatan mahasiswa, tahap yang pertama :

1. Perbanyak relasi / teman di kampus
nah menurut saya ini sangat penting untuk membangun pondasi awal untuk berkarir di kampus dengan tidak meningalkan perkuliahan terutama relasi dari senior senior di kampus yang akan menawarkan banyak bisnisan yang menguntungkan.

2. Tingkatkan skill
untuk skill ini sangat menunjang untuk cepat mendapatkan pekerjaan yang tidak akan menganggu perkuliahan, contoh : a. Jasa pengetikan, nah ini kerjaan yang sangat biasa, karna banyak orang yang bisa mengerjakan ini semua. B. wasit , kalau kita mempunyai lisensi wasit sepak bola, futsal, voli, renang dan sebagai nya ini bakal menjadi salah satu pekerjaan yang sangat menghasilkan tanpa menganggu perkuliahan. C. Pinter berbahasa asing, naah ini juga jarang banget orang yang bisa bahasa asing, ini salah satu peluang kita untuk mengajar (les) bahasa inggris dengan waktu yang disesuaikan dengan jadwal kita, tentunya gak bakal deh neganggu perkuliahan kita. dan masih banyak lagi soft skill lain yang harus kita miliki untuk bisa kuliah sambil kerja.

3. Blogger dan Youtuber
yang satu ini susah susah gampang mengerjakannya, selain harus jago tulis dan mengedit video ( membuat video) kita juga harus bisa mempromosikan konten kita agar dapat di nikmati oleh banyak orang. cara nya sih mudah kita tinggal buat blogger dan chanel Youtube dan isi tuh blog dan Youtube kita dengan konten konten yang menarik dan bermanfaat bagi semua orang.

4. Berbisnis
untuk yang ini kita kudu kuat mental dulu, harus baca buku Yusuf mansur dulu biar bisa dagang dengan penuh berkah, banyak yang kita bisa kerjakan dalam bisnis di kampus, contoh, berdagang apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa di kampus.

begitulah ceritnya agar kita bisa kuliah sambil kerja tapa menganggu perkuliahan yang sedang kita tempuh tapi tetap menghasilkan tambahan uang jajan untuk kita, minimal kebeli lah mobil mah hehe

untuk kritik dan saran agar dapat menghubungi kontak yang ttelah saya sediakan.

Komentar