Contoh Pendahuluan pada proposal Skripsi


1.1Latar Belakang Masalah
Perusahaan swasta, instansi pemerintahan, maupun lembaga-lembaga swadaya masyarakat merupakan dunia kerja nyata yang nantinya akan dimasuki oleh mahasiswa kelak setelah mereka menyelesaikan studinya dari suatu jenjang universitas maupun perguruan tinggi. Bertitik tolak dari pemikiran tersebut maka lembaga penyelenggara universitas sangat perlu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa-mahasiswanya untuk terjun langsung kedunia kerja melalui kerja magang (internship).
Kerja Magang (KM) merupakan mata kuliah wajib  yang telah terintegrasi dengan struktur kurikulum pada Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Multimedia Nusantara yang dilakukan  dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tentang berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan bidang yang terkait. Kerja Magang di Program Studi Sistem Informasi sendiri membebaskan para mahasiswanya untuk menentukan tempat Kerja Magang-nya sesuai ketersediaan tempat magang pada saat itu, yang tentunya pekerjaan tersebut masih dalam ruang lingkup Sistem Informasi. Disamping itu juga, pihak kampus memberikan sarana bagi mahasiswa yang belum mendapat tempat Kerja Magang sesuai dengan minat dari mahasiswa dan lowongan magang yang tersedia di perusahaan.
Dengan Kerja Magang, mahasiswa diharapkan dapat kesempatan untuk mengamati, membandingkan dan menerapkan teori-teori yang telah didapatkan di Universitas. Selain itu, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman kerja dan mungkin dapat membantu untuk mencari solusi dari masalah dalam perushaan terkait. Disisi lain juga, Kerja Magang untuk sebuah perusahaan, Kerja Magang dapat menjadi arena untuk mencari sumber daya manusia yang baru.
Dalam suatu perusahaan, khususnya perusahaan kontraktor sistem informasi controlling, pembelian barang, dan persediaan barang sangat diperlukan untuk proses pelasanaan pembangunan dan kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan.
CV Rudith Pratama mengalami masalah dalam mengontrol barang-barang yang akan digunakan dalam proyek serta barang-barang yang diperlukan, sehingga sering terjadi kesalahan pembelian barang akhirnya banyak barang yang tersedia sehingga memperlambat proses pelaksanaan proyek.
Berdasarkan pengalaman di atas maka CV Rudith Pratama saat ini sedang membangun sistem informasi controlling, pembelian dan persediaan barang untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan proyek dan kebutuhan perusahaan. Sehingga tidak terjadi keterlambatan dan kesalahan dalam pencatatan pembelian barang dan pencatatan jumlah barang digudang.
1.2 Maksud dan Tujuan Kerja Magang
Pelaksanaan Kerja Magang dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan secar profesional dalam menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh perusahaan yang dimana mahasiswa tersebut melaksanakan Kerja Mangang. Dengan demikian mahasiswa dapat :
1.      Belajar mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang telah diterima selama perkuliahan di Universitas Multimedia Nusantara pada Program Studi Sistem Informasi pada dunia kerja yang nyata.
2.      Mempelajari tahapan-tahapan dalam mencari solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan dengan bertitik tolak dari bekal ilmu yang diterima dan dipelajari di universitas.
3.      Menganalisa hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang System Analyst di sebuah perusahaan.
4.      Membandingkan antara materi yang diperoleh dari kuliah dengan keadaan yang terjadi pada perusahaan.
1.3 Waktu dan Pelaksanaan Kerja Magang
CV Rudith Pratama berlokasi di Jayapura, Papua. Di Jakarta CV Rudith Pratama mendirikan kantor cabang yang berlokasi di Komplek Mall Of Indonesia, Apartemen Santa Monica nomor 0606 jl. Raya Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kantor cabang CV Rudith Pratama yang berada di Jakarta dikelola oleh Ibu Juliana Fontana sebagai staff teknis dari CV Rudith Pratama.
Kerja Magang di CV Rudith Pratama dilakukan selama 2,2 bulan dari tanggal 19 Agustus 2013 sampai dengan 11 Oktober 2013. Dengan kondisi yaitu Kerja magang dilakukan seminggu dua kali pada hari senin dan jumat untuk bertemu dengan Ibu Juliana Fontana dan melaporkan kemajuan kerja magang maupun pengembangan sistem yang sedang dibuat Hari selain senin dan jumat, menjadi hari bagi penulis untuk mengerjakan pengembangan sistem untuk CV Rudith Pratama. Kerja magang pada hari senin dan jumat saat bertemu dengan Ibu Juliana Fontana dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 19.00. Sedangkan untuk hari diluar pertemuan dengan Ibu Juliana Fontana, penulis mengerjakan pengembangan sistem pada pkl. 10.00 hingga pkl 16.00.
1.4 Prosedur Pelaksanaan Kerja Magang
Pelaksanaan Karja Magang harus berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Ketua Program Studi yang telah berkoordinasi dengan pihak Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK). Ketentuan dan prosedur dalam mengikuti program Kerja Magang dapat dilihat didalam buku panduan Kerja Magang Fakultas Teknilogi Informasi dan Komunikasi Program Studi Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara. Adapun prosedur yang telah dilakukan untuk mengikuti program Kerja Magang adalah sebagai berikut :
a.Tahap Pengajuan
Pada tahapan ini yang dilakukan yaitu pengajuan Kerja Magang yang meliput hal-hal sebagai berikut:
1.      Program Kerja Magang hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak kampus dengan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS).
2.      Mahasiswa yang ingin mengikuti program Kerja Magang harus mengisi formulir Kerja Magang yang telah disediakan oleh bagian administrasi dari masing-masing Program Studi. Dan kemudian surat pengantar Kerja Magang disahkan oleh Ketua Program Studi sebelum diserakan kepada perusahaan tempat pelaksanaan Kerja Magang.
3.      Dosen yang ditunjuk oleh program studi sebagai pembimbing magang adalah dosen tetap.
4.      Mahasiswa menghubungi perusahaan tempat Kerja Magang dengan mengirimkan surat pengantar dan curicullum vitae beserta transkip nilai dan surat-surat pendukung lainnya seperti sertifikat, piagam atau sejenisnya. Perusahaan akan mengevaluasi dan apabila setuju dan tertarik dengan ketrampilan mahasiswa tersebut maka perusahaan akan menghubungi mahasiswa tersebut untuk mengikuti prosedur yang dari perushaan.
5.      Apabila pengajuan permohonan Kerja Magang ditolak, maka mahasiswa  akan melakukan dan mengulang proses dari poin 1, 2 .3. Sedangkan mahasiswa yang telah diterima Kerja Magang oleh perusahaan akan mendapatkan konfirmasi dari perusahaan tersebut baik melalui email maupun telepon.
6.      Mahasiswa yang telah menerima konfirmasi persetujuan dari perusahaan akan melaporkan hasil tersebut ke BAAK dan memberikan informasi kepada dosen yang ditunjuk sebagai pembimbing mangan.
7.      BAAK memberikan formulir Kartu Kerja Magang, Formulir Jadwal Kerja Mangang, Formulir Realisasi Kerja Magang dan Formulir Laporan Penilaian Kerja Magang.
b.Tahap Pelaksanaan
1.      Mahasiswa melaksanakan Kerja Magang dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan. Selama pelaksanaan magang mahasiswa dibimbing oleh Ibu Juliana J. Waromi selaku direktur dari CV. Ridith Pratama.
2.      Selama proses pelaksanaan mahasiswa mengumpulkan data tentang perusahaan. Data yang diberikan oleh perusahaan berupa gambaran umum tentang profil perusahaan dan proses bisnis dari perusahaan tersebut.
3.      Mahasiswa melakukan analisis untuk menentukan user requirement dan untuk menentukan desain antarmuka pengguna.
4.      Setelah semua kebutuhan dalam perancangan sistem informasi telah dikumpulkan mahasiswa kemudian mulai merancang sistem.
c.Tahap Akhir
1.      Sistem yang telah selesai dibangun kemudian dilakukan pengetesan untuk mengetahui errors dan untuk mengetahui fungsi sistem dalam melakukan validasi terhadap data yang dimasukan sebelum akhirnya sampai pada pengguna akhir.
2.      Mahasiswa melakukan revisi terhadap errors yang ditemukan setelah itu melakukan proses implementasi dari sistem tersebut.
3.      Setelah pelaksanaan Kerja Magang selesai, maka semua temuan serta aktivitas yang dilakukan selama proses tersebut dituangkan di dalam laporan Kerja Magang dan dibimbing oleh seorang dosen pembimbing.

4.      Laporan Kerja Magang yang format dan strukturnya telah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Universitas Multimedia Nusantara akan diuji sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Komentar