Sejarah Fakultas olahraga UNJ

Anda tau sejarah Fakultas olahraga?
mangga dibaca gan 

Sejarah Fakultas Ilmu Keolahragaan

Berdasarkan Keppress Nomor : 1 tahun 1963, di Jakarta didirikan Sekolah Tinggi Olahraga (STO) dengan fungsi untuk membangun dan membentuk karakter bangsa yang memiliki kemampuan untuk bersaing dan memenangkan prestasi olahraga sebagai kekuatan baru di bidang olahraga (New Emerging Forces). Dan STO yang sekarang berganti nama menjadi FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) diberikan kewenangan untuk pengadaan kebutuhan tenaga akademik dan professional di bidang keguruan dan pembinaan olahraga.

Ilmu keolahragaan dibangun dari kelompok ilmu olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, dan olahraga prestasi. Ketiga kelompok keilmuan tersebut berfungsi untuk mengkaji gerak manusia dalam rangka pendidikan dan pembentukan.

Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Keberadaannya sebagai wujud dari program pemerintah untuk menghasilkan dan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia pembangunan di bidang keolahragaan.

Ilmu keolahragaan dibangun dari kelompok ilmu Olahraga Rekreasi, Olahraga Pendidikan dan kelompok ilmu Olahraga Prestasi. Ketiga kelompok keilmuan tersebut berfungsi untuk mengkaji gerak manusia dalam rangka pendidikan dan pembentukan. Melalui kelompok keilmuan tersebut kegiatan keolahragaan dikembangkan dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Visi

Sebagai lembaga yang handal, profesional dan menjadi sentra pengembangan keolahragaan untuk kepentingan tujuan pembangunan manusia Indonesia yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan pengetahuan mendalam dan global, bermoral, bugar fisik dan mental maupun emosional.

Misi

Misi Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah melaksanakan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan agar semua bentuk kegiatan di bidang keolahragaan dapat terselenggara dan berhasil untuk kepentingan dan tujuan pembangunan bangsa.

 Tujuan

Tujuan pendidikan pada Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah :

Menghasilkan guru-guru profesional untuk berbagai tingkat dan jenis pendidikan pada bidang Pendidikan Jasmani.
Menghasilkan tenaga profesional dalam bidang rekreasi.
Menghasilkan pembina dan pelatih profesional cabang olahraga
Menghasilkan tenaga profesional dalam berbagai bidang olahraga yang terkait
Menghasilkan tenaga profesional dalam bidang olahraga kesehatan

Sumber : http://fik.unj.ac.id/?page_id=644

Komentar