Sejarah Fakultas Olahraga UNY

ini sejarah singkat dari UNY, anda tau UNY, iya itu Universitas negeri yogyakarta yang ada di jawa tengah guys, jangan penasaran ya guys tapi kalau penasaran ane tanyangin nin sejarah singkat dan visi-misi fakultas olahraga UNY.

SEJARAH SINGKAT FIK UNY
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) memiliki perjalanan hidup yang cukup panjang. Apabila diibaratkan sebagai manusia, FIK UNY sudah memasuki usia paruh baya. Suatu masa yang menunjukkan kematangan jiwa dan raga. Walaupun demikian, FIK UNY masih terus mengembangkan diri dan selalu berupaya untuk menggapai prestasi.

Sejarah FIK UNY dimulai dengan Keputusan Menteri PD & K nomor 6216/B tanggal 9 Agustus 1950 tentang pendirian Akademi Pendidikan Djasmani (APD) dipimpin oleh W de Baan, dan AR. Tampenawas. Akademi ini menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 Oktober 1951. Tanggal 19 September 1955, Bagian Pedagogik Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM berubah menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang memiliki Bagian Pendidikan dan Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Pendidikan UGM berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UGM pada tanggal 1 September 1961. Tanggal 1 September 1962, Jurusan Pendidikan Jasmani FKIP UGM berkembang menjadi Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD) UGM dengan Dekan Arma Abdoellah, M.Sc.

Fakultas Pendidikan Djasmani UGM berkembang menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Yogyakarta dengan Ketua Arma Abdoellah, M.Sc. berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 23 tahun 1963. Tanggal 22 Februari 1977, STO Yogyakarta berintegrasi dengan IKIP Yogyakarta menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan IKIP Yogyakarta. FKIK berganti nama menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP Yogyakarta pada tahun 1981.

Seiring dengan perluasaan mandate IKIP menjadi Universitas, maka IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan sebagai bagian dari IKIP Yogyakarta berganti nama menjadi Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY). Pergantian ini terjadi pada tahun 1998.

Akhirnya dalam kesempatan reuni FIK 2007 ini dihasilkan kesepatakan antara pelaku sejarah di FIK, bahwa berdirinya FIK UNY ditetapkan pada tanggal 1 Oktober 1951 bersamaan dengan masuknya Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada.

VISI, MISI DAN TUJUAN FIK UNY
Submitted by admin on Mon, 2015-03-30 11:21
VISI
Visi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) adalah mampu menjadi lembaga yang menghasilkan ”insan olahraga yang kreatif, sportif, dan adaptif”. Visi tersebut direvitalisasi menjadi: lembaga yang menghasilkan insan olahraga yang ”SIAP MAJU” (Sportif, Inovatif, Adaptif, Profesional, Mandiri dan Juara).

MISI
a. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan ketrampilan.
b. Mengembangkan penelitian inovatif dan futuristik yang mendukung proses pengembangan pembelajaran.
c. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasar hasil penelitIan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan masyarakat.
d. Memantapkan pengelolaan lembaga yang sinergis dan rapi.
TUJUAN
Mengupayakan ilmu pendidikan yang mendukung komitmen tentang pentingnya pencerahan kemanusiaan.
Meningkatkan iklim fakultas yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan yang tertib, damai, dinamis, dan manusiawi.
Meningkatkan relevansi kurikulum yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan/keahlian tinggi dan kepribadian mulia.
Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang terpadu dengan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermuatan nilai-nilai moral yang luhur.
Meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mendukung pengembangan ilmu pendidikan.
Meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain dalam meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mendukung pengembangan teori dan praktik pendidikan, dalam bingkai ilmu pendidikan.
Meningkatkan kualitas para guru melalui pendidikan profesi/sertifikasi.
Menjalin kemitraan dengan lembaga  pemerintah, swasta dan lembaga terkait.
Mengembangkan sistem penjaminan mutu lulusan.
Mengembangkan administrasi kelembagaan dan sumberdaya yang efektif dan efisien.
Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Pembentukan kepribadian yang cendekia, mandiri dan bernurani. Saat ini direvitalisasi menjadi  insan yang bertakwa, mandiri, cendekia.
Pengembangan ilmu pendidikan dan ilmu keguruan kepelatihan/pelayanan yang berorientasi pada pengembangan kecendekiaan,  kemandirian dan kenuranian lulusan, baik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara maupun dalam hubungannya dengan Sang Pencipta.
Keberadaan FIK UNY semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dunia kerja melalui peran pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil-hasil penelitian dan ipteks (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni).

Sumber nya gusy : http://fik.uny.ac.id/sejarah-singkat-fik-uny dan http://fik.uny.ac.id/visi-misi-dan-tujuan-fik-uny

Komentar